Tidak Lulus SNMPTN Bisa Ikut SBMPTN 2018

rasyaandreas.com – Hasil SNMPTN atau Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri bisa diakses mulai Selasa, 17 April 2018, hari ini pukul 17.00 WIB. Peserta dapat menyaksikan pengumuman hasil SNMPTN 2018 ini melewati laman pengumuman.snmptn.ac.id “Tidak Lulus SNMPTN Bisa Ikut SBMPTN 2018”.

Peserta yang ditetapkan lolos SNMPTN 2018 wajib mengerjakan proses verifikasi dokumen peserta dan/atau pencatatan ulang di PTN masing-masing. Informasi berhubungan proses ini bisa diakses pada masing-masing website PTN opsi peserta yang ditetapkan diterima.

“Kami mohon untuk peserta yang lulus seleksi untuk mengamati dan mentaati pemberitahuan resmi yang dikeluarkan oleh setiap PTN, khususnya dengan peraturan persyaratan penerimaan pun jadwal dan lokasi jadwal ulang (registrasi) 2018,” ujar Sekretaris Panitia SNMPTN 2018, Prof Joni Hermana, di Jakarta, Selasa (17/4/2018) dilansir Antara.

Adapun etape verifikasi dan susunan ulang peserta lolos SNMPTN 2018 ini dilaksanakan pada Selasa, 8 Mei. Sebelumnya peserta pun wajib mengerjakan pencetakan ulang kartu pencatatan yang dijadwalkan mulai 18 April hingga 8 Mei.

Tidak Lulus SNMPTN Bisa Ikut SBMPTN 2018

Siswa yang tidak lolos SNMPTN, dapat mendaftar SBMPTN di laman resmi https://pendaftaran.sbmptn.ac.id dengan memilih Menu A guna mendapatkan KAP, PIN, dan Kode Pembayaran yang berlaku sekitar 3 x 24 jam. Adapun ongkos pendaftaran SBMPTN sebesar Rp200.000.

Setelah mendapat KAP dan PIN, peserta mesti mengakses halaman https://pendaftaran.sbmptn.ac.id dan pilih Menu B. Ini guna melanjukan proses dan memenuhi form pendaftaran. Adapun prosedurnya adala sebagai berikut.

  • Masukkan kode KAP dan PIN yang telah dicetak sebelumnya pada proses Menu A dan captcha, dan kemudian klik login.
  • Masuk ke halaman Pendaftaran SBMPTN 2018.
  • Upload Pasfoto. Pasfoto yang dimasukkan harus memenuhi persyaratan berukuran 4 cm x 6 cm dengan resolusi minimal 400 pixel x 600 pixel (kurang lebih 250 dpi) dalam format JPG atau PNG. Ukuran file pasfoto tidak boleh lebih dari 100 KB.
  • Jika pasfoto sudah memenuhi persyaratan pendaftaran SBMPTN 2018 maka kemudian klik Simpan.
  • Lalu, isi Form Biodata dengan data yang sebenar-benarnya kemudian klik tombol Simpan.
  • Calon peserta kemudian mengisi Form Pendidikan dengan data yang sebenar-benarnya lalu klik Simpan.
  • Langkah berikutnya, siswa mengisi Form Pilihan Prodi dan Lokasi Ujian, kemudian klik tombol Simpan. Tahapannya sebagai berikut: (a) pilih tempat Anda mengikuti ujian; (b) pilih PTN dan Program studi yang dituju pada pilihan 1; (c) pilih PTN dan Program studi yang dituju pada pilihan 2; (d) pilih PTN dan Program studi yang dituju pada pilihan 3.

Sumber Tirto.id

Baca Juga

UGM Menerima Calon Mahasiswa Baru Sekitar 2.141 Dari SNMPTN

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: